Kini kami menyediakan Fitur Link Exchange. Bagi yang ingin Web/Blog nya dipasang di Blog Kami silahkan klik disini.
Rabu, 14 November 2012

4 November Hari Sekolah Minggu Se-DUNIA

Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata MA mengumumkan, 4 November menjadi peringatan Hari Sekolah Minggu HKBP se-Dunia. Tanggal itu tepatnya hari kejadian pembantaian sadis 6 anak sekolah minggu HKBP Maranatha Simanosor, Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun, Tapteng. Tiga di antaranya tewas dengan kondisi mengenaskan di dalam gedung gereja. 
 
 


“4 November menjadi peringatan Hari Sekolah Minggu HKBP. Bahkan kalau sepakat, menjadi hari anak sekolah minggu seluruh gereja yang ada di Indonesia,” tutur Ephorus di acara partangiangan sekaligus mangapuli keluarga duka di gereja setempat, Selasa (6/11).

HKBP, sambung Ephorus, akan menggelar kebaktian khusus peringatan hari itu di gereja HKBP Maranatha Simanosor, tahun depan dan tiap tahunnya. “Tahun depan, tepat tanggal 4 November, kita semua yang hadir di sini akan mengadakan partangiangan Hari Anak Sekolah Minggu di gereja ini,” kata Ephorus sambil menggendong salah satu anak sekolah minggu bernama Navri Zebua, yang selamat karena menghindari bacokan saat pelaku mengamuk.

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu (4/11) sekira pukul 08.00 WIB, menjadi tragedi berdarah di HKBP Ressort Maranatha Simanosor, letaknya sekitar 36 km dari Pandan, ibukota Tapteng. Tiga anak sekolah minggu yang mengikuti kebaktian di gereja itu tewas mengenaskan. Ketiganya mengalami luka-luka sobek di kepala dan tangan karena sabetan parang oleh Burhan Gultom (35), pemuda, warga setempat. Pelaku yang belakangan diduga mengalami gangguan kejiwaan itu akhirnya tewas dimassa.

Ketiga korban yang tewas di tempat yakni, Yohana Nikita br Panggabean (3), Aprilia Kristina br Pasaribu (4,5), Coki Nainggolan (3). Mayat ketiga korban yang masih berusia balita itu didapati tergeletak bersimbah darah di lantai gereja.

Selain itu, pelaku juga melukai tiga anak sekolah minggu lainnya, yaitu Abel Hutabarat (9), Ferdinan Sitompul (10), dan Nandar Simanjuntak (5). Ketiganya juga mengalami luka parah di bagian kepala. Ditambah dua warga setempat, Dapot Pasaribu (35) dan Samuel Pasaribu (16) yang merupakan ayah dan anak, juga ikut jadi sasaran amuk pelaku saat akan dilumpuhkan massa. Dapot mengalami luka tombak, dan Samuel mengalami luka bacok di kepalanya.

>> Diupa-upa

Pucuk pimpinan tertinggi HKBP, Ephorus Pdt WTP Simarmata MA memberi boras sipir ni tondi dan dekke upa-upa kepada keluarga korban tragedi berdarah di HKBP Maranatha Simanosor, Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun, Tapteng.

Tujuannya, agar keluarga korban tabah menghadapi cobaan tersebut. Ephorus juga menyerahkan sumbangan sosial pelipur lara “Sai pir ma tondi muna. Dao ma akka parmaraan. Tuhanta na mandongani hamu.(Jiwa kalian akan selalu dikuatkan. Jauh dari segala malapetaka. Tuhan selalu menyertai kalian),” ucap Ephorus sambil menaburkan beras ke atas kepala keluarga korban saat prosesi pemberian boras sipir ni tondi dan penyerahan dekke upa-upa di acara partangiangan sekaligus mangapuli keluarga duka di gereja, Selasa (6/11).

Turut mendampingi Ephorus, Kepala Departemen Koinonia Pdt Welman Tampubolon STh, Kepala Departemen Marturia Pdt Marolop Sinaga MTh, Praeses Distrik IX Sibolga Pdt Martunas Manullang STh, mantan Praeses Pdt RJ Simamora STh MM, serta segenap majelis jemaat se-distrik.

Hadir juga Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang SH MHum, Wawako Sibolga Marudut Situmorang AP MAP, Camat Sibabangun Melky D Panggabean SSos, dan Kapolsek Sibabangun Iptu Panji Ali Candra SE. Partangiangan diikuti ratusan anak sekolah minggu gereja setempat, para pelajar dan jemaat gereja.

Ephorus menambahkan, tragedi 4 November 2012 jangan menjadi penghalang bagi warga jemaat unutk membawa anak-anaknya bersekolah minggu. Sebab, sekolah minggu adalah dasar pembentukan iman kepercayaan anak agar tidak lahir generasi yang dangkal akan bekal spiritual.

“Jangan ada ketakutan kita untuk membawa anak-anak kita ikut sekolah minggu. Kondisi sekarang spritual semakin dangkal. Itulah yang menyebabkan umat manusia mudah depresi, stress, dan lari dari jalan Tuhan,” tukas Ephorus.

Langkah Menulis Komentar :

[1] Di Bagian "Berikan Komentar Sebagai". Klik Name/URL
[2] Nama : Isi Dengan Nama Anda
[3] URL : Isi Dengan Alamat e-mail / Website / Facebook / Twitter Anda
[4] Tulis Komentar anda Pada Kotak Kosong
[5] Klik Publikasikan

Harap Menjaga Sopan Santun Dalam Memberi Komentar / Kritik / Saran.
Terimakasih..
Jesus Bless Us..

Our Instagram Gallery